TIPS KARYA TULIS ILMIAH

Kerangka / Petunjuk Penulisan Makalah
Sebuah contoh makalah






Abstrak

Abstrak terdiri sekitar 300 kata dalam satu paragraf yang menggambarkan pekerjaan, hasil dan kesimpulan.

Kata kunci: terdiri atas maksimal 5 kata kunci yang dapat digunakan dalam mengidentifikasi isi dari makalah.


1. Pendahuluan

Pada bagian ini menjelaskan latar belakang dan sasaran dari pekerjaan / penelitian.

Ukuran huruf pada judul harus 14pt, tebal dan ditengah. Berikan baris kosong sebanyak 2 spasi setelah judul.

Nama pengarang diketik dengan ukuran huruf 12pt dan mengandung nomor dengan bentuk superskrip (superscript) (sebagai contoh 1) dan 2) ) setelah nama tiap pengarang. Daftar pengarang harus ditengah. Tambahkan spasi kosong (1 spasi) setelah daftar pengarang.

Afiliasi / lembaga tempat pengarang bekerja ditulis dengan huruf berukuran 10pt (tengah) sesuai dengan urutan nomor superskrip (superscript). Informasi tambahan yang diperlukan adalah nama departemen / jurusan dan universitas atau divisi dan organisasi. Alamat surat dan email dari tiap pengarang sebaiknya juga disertakan.


2. Percobaan



Teks ditulis dalam spasi tunggal, rata kiri-kanan tanpa adanya inden (indent). Gunakan tipe huruf “Times New Roman” dengan ukuran 12pt. Antar spasi dipisahkan dengan satu baris kosong. Jumlah halaman maksimal yang diijinkan sebanyak 10 halaman (kertas ukuran A4; panjang 29,7 cm dan lebar 21 cm). Margin atas sebesar 3 cm dan margin kiri, kanan serta bawah sebesar 2,5 cm.


3. Hasil dan pembahasan

Menjelaskan hasil dari percobaan yang dilakukan dan memfokuskan pada setiap kecenderungan atau beberapa hal yang menarik.


4. Kesimpulan

Pada bagian ini hanya menyimpulkan apa yang dibahas dan implikasi dari pekerjaan yang dilaporkan.

Rujukan harus dituliskan pada akhir makalah dengan urutan alfabetik dari nama akhir pengarang pertama dan dipisahkan sebanyak satu baris kosong antar rujukan. Pastikan semua rujukan telah lengkap termasuk nama akhir dan inisial tiap pengarang, tahun publikasi, judul makalah atau buku, nomor volume, nomor pengeluaran, penerbit (pada buku), kota tempat dipublikasikannya makalah dan nomor halaman.

Rujukan ditulis dengan menyebutkan nama alhir dari pengarang utama / pengarang pertama dan tahun publikasi seperti pada contoh berikut : Hakim et al. (2000).


5. Ucapan terima kasih

Ucapan terima kasih dapat diberikan kepada organisasi penyandang dana.


6. Daftar Pustaka



Hakim E.H., Achmad S.A., Makmur L., Mujahidin D., Syah Y.M., (2000). Review: Phytochemical Profile of Annonaceae, Bull. Soc. Nat. Prod. Chem., 1(1), 1-12.

Atun S. (2004). Fitokimia Beberapa Spesies Dipterocarpaceae Indonesia dari Genus Vatica, Anisoptera, Hopea, dan Dipterocarpus. Disertasi Doktor, Departemen Kimia, Institut Teknologi Bandung.

Achmad S.A., Hakim E.H., Makmur L., Mujahidin D., Juliawaty L.D., Syah Y.M., (2002). Discovery of Natural Products from Indonesian Tropical Rainforest Plants: Chemodiversity of Artocarpus (Moraceae). Dalam: Biodiversity: Biomolecular Aspects of Biodiversity and Innovative Utilization, Bilge Sener (Ed), Kluwer Academic/Plenum Publishers, London, hal. 91-99.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar